Rabu, 22 Februari 2017

PERMAINAN MASA KECIL THN 90an(kangen dengan masa kecil dulu)



hai sob...hanya ingin bernostalgia nih sama permainan kita semasa kecil dulu.kalian masih ingat tidak dengan permainan semasa kecil kalian?.
saya sendiri kadang-kadang suka kangen kalau inget-inget permainan sewaktu saya kecil dulu....emang sih permainannya sangat tradisional dan kampungan,tapi di balik itu semua ada keseruan tersendiri.
ada beberapa contoh nih permainan tradisional seperti dibawah ini...



1.Takkadal lubang.
takkadal lobang
kalian inget tidak dengan permainan ini?.ya kalau di daerah saya permainan ini namanya takkadal lobang,mungkin di daerah kalian permainan ini berbeda-beda namanya...bahannya sih sederhana hanya bermodalkan kayu,baik itu dari ranting pepohonan yg rindang yang sudah jatuh atau pun dari kayu bekas.bermainnya sih sangat sederhana....
tapi di balik permainan ini kita bisa mengasah ketangkasan,keterampilan,bahkan kita bisa seru-seruan dengan temen kita sampai-sampai terkadang kita bisa lupa waktu karna keasikan bermain,heheheeeee....


kelereng/gundu
2.kelereng/gundu.
permainan ini juga gak kalah serunya...di daerah saya permainan ini namanya kelereng/gundu,kalau di tempat kalian namanya apa?.
kelereng/gundu ini bahannya seperti dari bahan kaca/beling tapi berwarna warni dan banyak coraknya...
kita kalau mau bermain dengan teman kita,kita harus membawa modal kelereng/gundu dulu sekitar 5,10,15 kelereng/gundu bahkan mungkin ada yang bawa modal kelereng banyak sekali.
kadang kalau bermain jika kita lagi hoki dengan membawa 10 kelereng aja
bisa menang dan bisa mendapatkan 20-30 kelereng bahkan bisa sampai lebih.tapi kalau lagi apes ya kelereng/gundu punya kita ludes abis tak tersisa.pasti kita kalau bermain suka curang deh,heheheeeee


ular naga panjang
3.ular naga panjang.
kalau yang ini kalian semua inget tidak dengan permainan yg satu ini?.
iya kalau di daerah saya namanya ular naga panjang.permainan ini tidak membutuhkan benda apapun,kita hanya bermain secara bersama-sama saling membuntuti seperti bentuk ular.dan kita semua harus bernyanyi.permainan ini bisa membuat kita jadi bahagia,riang dan pastinya sangat seru.


permainan karet
4.permainan karet.
permainan ini sebenarnya didominasi sama anak-anak perempuan. jujur saya sendiri aja sering bermain karet ini bersama temen-temen yang lain padahal saya laki-laki,tapi permainan ini sangat seru tidak segampang yang saya lihat.
permainan ini hanya terbuat dari banyak karet gelang yang kita ikat satu sama lain hingga menjadi panjang.bermain karet ini juga bisa menguras tenaga banyak,pernah suatu hari saya ngos-ngosan karna terus-terusan melompat,heheheeeee.


petak/jipe gunung
5.petak gunung/jipe gunung.
permainan ini susah-susah gampang karna harus memakai skil dan ketepatan dan bisa menguras banyak tenaga...permainan ini dimainkan bisa secara sendiri-sendiri atau berkelompok.di balik lelahnya dalam permainan ini ada keseruan tersendiri,



galaksin
6.galaksin.
kalau yang ini kalian juga masih ingat tidak?.kalau di daerah saya sih namanya galaksin.permainan ini dimainkan secara berkelompok.permainan ini sangat membutuhkan skil  dan kepintaran dalam mengecoh/menggocek lawannya.permainan ini sangat melatih ketangkasan.



kadang saya suka sedih dengan anak jaman sekarang...permainan seperti kita dulu sudah banyak yg dilupakan bahkan hampir tidak ada yang memainkan permainan itu lagi.
anak jaman sekarang rata-rata sudah kebanyakan pada maen game online,baik lewat smartphone,ipad bahkan playstation.

sekian dulu nostalgia kita untuk permainan sewaktu kita kecil.
demikian permainan yg dulu sering saya/kalian mainkan,sebenernya masih banyak permainan yg lainnya seperti pletokan,layangan.petak umpet,dll.
karna keterbatasan waktu jadi saya hanya membahas beberapa permainan saja.
mohon maaf jika saya ada salah dalam berkata-kata...karna kita tempatnya salah dan yg benar hanya milik allah swt.
semoga artikel ini bisa menjadi obat kangen dan nostalgia kita pada masa kecil dulu.


salam.

Tidak ada komentar: